ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING SIMAK WASTU DIGITAL MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI STT. WASTUKANCANA PURWAKARTA

  • Dayan Singasatia Sekolah Tinggi Teknologika Wastukancana
  • M. Agus Sunandar Sekolah Tinggi Teknologika Wastukancana
  • Mona Sugiarti Sekolah Tinggi Teknologika Wastukancana
Keywords: e-learning, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived enjoyment, acceptance of IT

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 Sistem Teknologi Informasi menduduki peran yang sangat penting dalam upaya menjaga pelaksanaan pembelajaran agar tetap berlangsung. STT. Wastukancana Purwakata memiliki e-learning yang terdapat pada SIMAK WASTU yang telah beroperasi selama masa pandemi Covid-19, e-learning SIMAK WASTU masih belum digunakan sebagaimana mestinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan e-learning SIMAK WASTU Digital oleh mahasiswa STT. Wastukancana Purwakarta dengan menggunakan Technologi Acceptance Model. Model penelitian ini mengadopsi langsung dari penelitian Santoso (2010) dengan menggunakan perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEOU) dan perceived enjoyment (PE) yang merupakan variabel independen dan attitude toward using (ATU) serta acceptance of IT (ACTI) sebagai variabel dependen. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey menggunakan google forms dan dikirim secara langsung kepada responden. 247 kuesioner terisi lengkap dan dapat dianalisis. Data di analisis dengan menggunakan metode SEM melalui software IBM SPSS 25 dan AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness (PU) dan perceived enjoyment (PE) berpengaruh positif signifikan terhadap attitude toward using. Adapun acceptance of IT secara signifikan dipengaruhi oleh attitude toward using (ATU). Selain itu variabel perceived ease of use (PEOU) terbukti berpengaruh signifikan terhadap variabel perceived usefulness (PU).

Published
2022-05-31