ANALISIS PENGARUH KERENGGANGAN CELAH BUSI TERHADAP EMISI GAS BUANG (CO DAN HC) PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110cc

  • Ir. Agus Suprayitno Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta
  • Sulaeman Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta
  • Achmad Gerri Jailani Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta
Keywords: Busi, Celah Busi, Statistik Non Parametrik, Uji Friedman.

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun merupakan salah satu penyebab meningkatnya polusi di Indoensia karena jumlah kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pencemaran udara di beberapa kota melebihi industri dan rumah tangga. Proses pembakaran yang tidak sempurna akan memicu terjadinya emisi yang melebihi standar. Performa motor dapat ditingkatkan dengan menyempurnakan sistem pengapian. Busi merupakan salah satu komponen penting penting pada motor bensin yang merupakan salah satu komponen yang berperan dalam sistem pengapian. Berdasarkan penelitian sebelumnya oleh Jailani (2019) disimpulkan bahwa baik pada busi standar, busi latinum maupun busi iridium, celah busi mempengaruhi hasil emisi gas buang, akan tetapi Jailani (2019) belum menguji signifikansi dari perubahan hasil emisi gas buang akibat faktor kerenggangan celah busi tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan utuk menguji hal tersebut dengan menggunakan metode statistik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik non parametrik karena penggunaan statistik non parametrik tidak mensyaratkan bentuk sebaran data yang harus berdistribusi normal. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji Friedman, diperoleh kesimpulan bahwa bahwa baik pada busi standart, busi platinum maupun busi iridium, kerenggangan celah busi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap emisi gas buang.

Published
2019-05-01