ANALISIS KEKUATAN VELG CASTING WHEEL SEPEDA MOTOR BERDASARKAN BEBAN PENUMPANG DAN KONDISI JALANAN BERLUBANG
Abstract
Casting Wheel pada sepeda motor adalah kerangka dari sebuah larangan yang menahan gaya dari kendaraan dan penumpang. Dalam penelitian ini dilakukan analisis variasi pembebanan terhadap spoke velg lima palang pada velg casting wheel sepeda motor, tegangan dan deformasi yang terjadi pada velg casting wheel diketahui menggunakan bantuan software solidwork 2018, yang berbasis elemen hingga. Pada penelitian ini telah didapatkan tegangan dan deformasi maksimum yang terjadi pada velg casting wheel lima spoke dengan variasi beban pertama 1898 N, nilai tegangan maksimum 1.312e+07 N/m 2, dan deformasi maksimum 6.915e-02 mm, variasi beban kedua 2095.1 N, nilai tegagan maksimum 1.448e+07 N/m 2 , dan deformasi maksimum 7.633e+07 mm, dan variasi beban ketiga 2390 N, nilai tegangan maksimum 1.652e+ 07 N/m 2 , deformasi maksimum 8.707e-02 mm.






