ANALISA PENGARUH BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN STUDI DAN PERILAKU MAHASISWA PASCA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: MAHASISWA STT WASTUKANCANA)

  • Esa Ariani STT Wastukancana Purwakarta
  • Iman Toriq Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • Sri Suhartini Sekolah Tinggi Teknologika Wastukancana
  • Asep Hermawan Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana

Abstract

Pandemi Corona Virus Diseases-19 (COVID-19) memaksa seluruh sektor untuk berhenti beroperasi, tidak terkecuali dunia pendidikan. Saat ini pemerintah Indonesia terus menerus mengalami peningkatan jumlah kasus positif COVID-19. Pemerintah sudah mengizinkan kegiatan belajar tatap muka untuk sekolah-sekolah yang berada di zona hijau dan kuning, blended learning muncul sebagai jawaban atas kendala pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Saat ini, blended learning merupakan pembelajaran yang paling baik digunakan pada masa transisi menuju keadaan normal, pembelajaran ini menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring. penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh blended learning dan motivasi terhadap keberhasilan studi dan perilaku mahasiswa pasca pandemi covid-19 di Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu mahasiswa-mahasiswi sekolah tinggi teknologi wastukancana. Pengumpulan data nya menggunakan kuesioner yang di sebarkan melalui google form dengan perhitungannya diolah menggunakan SPSS. Hasil dalam penelitian ini variabel blended learning tidak berpengaruh terhadap keberhasilan studi dengan nilai t hitung 1,026 < t tabel 1,660 dan sign 0,307 > 0,05. Blended Learning juga tidak berpengaruh terhadap perilaku mahasiswa dengan nilai t hitung 0,950 < t tabel 1,660 dan sign 0,344 > 0,05. Sedangkan untuk variabel motivasi berpengaruh terhadap keberhasilan studi dengan nilai t hitung 4,409 > t tabel 1,660 dan nilai sign 0,000 < 0,05, motivasi juga berpengaruh terhadap perilaku mahasiswa dengan nilai t hitung 2,155 > t tabel 1,660 dan nilai sign 0,034 < 0,05. Sedangkan untuk variabel keberhasilan studi berpengaruh terhadap perilaku mahasiswa dengan nilai t hitung 8,953 > t tabel 1,660 dan nilai sign 0,000 < 0,05.

Kata Kunci : Blended Learning, Motivasi, Keberhasilan Studi, Perilaku Mahasiswa, Regresi Linear Berganda.
Published
2022-11-25