FORMULASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK ALAT KESEHATAN DENGAN ANALISIS SWOT (STUDIKASUSPADA PT. STANDARD BIOSENSOR HEALTHCARE)

  • Nurmala Mala Purwakarta
  • Daisy Ade Riany Diem
  • Imas Widowati

Abstract

Strategi pemasaran merupakan salah satu perencanaan PT. Standard Biosensor
Healthcare dalam menghadapi persaingan industri alat kesehatan, untuk menjual atau
mendistribusikan produk yang dihasilkan agar apa yang menjadi target dari perusahaan dapat tercapai. Penelitian dalam tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis dan untuk
memformulasikan strategi pemasaran produk alat kesehatan PT. Standard Biosensor Healthcare dengan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil skor analisis dari faktor IFAS yaitu Strength skor 2,002 sedangkan Weakness skor 0,779 dengan hasil selisih (+) 1,223, dan hasil skor analisis dari faktor EFAS yaitu Opportunity skor 2,083 sedangkan Threats skor 0,724 dengan hasil selisih (+) 1,359 maka hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Standard Biosensor Healthcare berada pada posisi Strength – Opportunity (SO) Kuadran I, dimana PT. Standard Biosensor Healthcare berada pada tahap Growth Strategy (Tahap Pertumbuhan) dengan menggunakan faktor kekuatan internal Perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal yang ada, yaitu
dengan mengedepankan kekuatan dalam kualitas dan kuantitas produk, serta kecepatan dalam mengembangkan inovasi produk baru.

Published
2024-12-01