ANALISIS KEGAGALAN PRODUK PRESERED CONCRETE GIRDER I AKIBAT DEFORMASI CETAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

  • Eko Teguh Fiji Santoso Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • Choirul Anwar Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • Ghani Heryana Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
Keywords: PCI Girder, metode elemen hingga, difleksi cetakan

Abstract

Presered concret I girder merupakan desain bentuk girder yang paling banyak digunakan pada bangunan struktur jembatan dan flyover di Indonesia, Untuk produksi PCI Girder memerlukan cetakan yang cukup kuat untuk menahan tekanan yang terjadi. Namun dalam kondisi aktual cetakan tidak mampu menahan tekanan beton dan getaran vibrator sehingga terjadi deformasi cetakan yang mengakibatkan dimensi produk berubah dari desain awal. Oleh karena itu untuk menganalisis masalah deformasi cetakan perlu dilakukan pengumpulan data aktual kemudian melakukan analisis yang terjadi pada cetakan.
Salah satu metode yang dapat dipakai untuk menganalisis pergeseran cetakan yaitu dengan metode elemen hingga. Dari analisis metode elemen hingga yang dilakukan dengan menggunakan Solidworks, dari hasil analisis maka didapatkan tegangan maksimal yang terjadi 477200000 ????/????2 nilai tersebut melebihi yield strength matrial 206807000????/????2 sehingga cetakan mengalami lendutan 2,25mm serta pengaruh dari getaran vibrator dengan nilai lendutan sebesar 0,074 mm.
Setelah analisis dilakukan maka tindakan rekomendasi dilakukan dengan cara menambah rangka dengan baja jenis UNP atau clamping untuk dudukan bracing dibagian tengah cetakan, kemudian dilakukan analisis statis sehingga nilai von mises dari cetakan berubah menjani nilai maksimal : 329800000 N/m^2 dan lendutan berkurang menjadi 0,952cm.

Published
2020-11-26